Sistem Diagnosa Kerusakan Pada Mobil

Sistem Diagnosa Kerusakan Pada Mobil - Sistem  Pakar  merupakan  salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin mobil.


Pada umumnya, setiap mobil dilengkapi dengan  buku  petunjuk (manual book). Selain berisi spesifikasi teknis, manual book juga berisi petunjuk perawatan. Ironisnya, banyak pemilik mobil yang tidak mau membaca atau mempelajarinya, padahal itu merupakan bekal paling sederhana untuk merawat mobil. Selain itu, banyak pemilik mobil yang tidak mengetahui kondisi mobilnya, sehingga tidak segera melakukan perbaikan, saat mobilnya menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Biasanya pemilik mobil baru sadar jika sudah terjadi kerusakan yang cukup parah, seperti tidak bisa berjalan sama sekali alias mogok. Agar kondisi mobil selalu prima dan komponen-komponennya tahan lama, pemilik perlu melakukan  perawatan yang intensif seperti mengganti kerusakan oli mesin secara berkala, mengisi bahan bakar di SPBU terpercaya, dan mengecek seluruh mobil secara rutin. Penggunaan mobil yang normal dan wajar akan memperpanjang usia pakai  komponen-komponennya. Namun pemilik juga harus mengetahui bahwa pabrik mobil sudah mempertimbangkan usia pakai komponen, sehingga suatu saat akan rusak dan harus diperbaiki atau diganti dengan komponen yang baru.

Pemilik perlu mencermati asal usul kerusakan yang terjadi pada mobil dengan mendeteksi gejalanya. Hal ini dilakukan agar perawatan dan perbaikan yang dilakukan tepat sasaran. Perawatan dan perbaikan bisa dilakukan sendiri atau di bengkel. Bengkel umum biasanya memiliki mekanik yang terlatih, dengan peralatan yang cukup memadai. Ada juga yang dikelola oleh perusahaan, seperti bengkel-bengkel resmi pabriknya seperti Toyota.

Kerusakan pada mobil bisa dideteksi melalui berbagai tanda, seperti : suara mesin kasar, adanya  tetesan oli atau cairan pendingin di tempat parkir, boros bensin dan oli, mesin kurang bertenaga, cairan pendingin berwarna putih karena tercampur dengan oli mesin, mengeluarkan asap putih atau hitam yang mengempul, kap mesin menganga, uap air menyembur keluar ke radiator, dan laju mobil tersendat-sendat.

Kerusakan  pada  mesin  mobil  terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala. Dengan cara mendeteksi kerusakan apa yang terjadi pada mobil. Misalnya, jika mobil bersuara berisik dan tidak mempunyai gambaran mengapa hal tersebut terjadi, hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil dan memberikan informasi bengkel yang terdekat dan tepat dalam mengatasi kerusakan pada mobil pengguna yang tidak tahu arus melakukan apa pada saat sudah mengetahui kerusakan yang terjadi pada mobilnya.

Penyampaian  informasi dilakukan menggunakan jaringan internet (WEB) dengan meminta request dari pengguna. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke pengguna. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik pengguna dan sistem.

Sekian artikel kali ini. Untuk selanjutnya bisa disimak artikel Prospek Usaha Cuci Mobil dan Motor.

Artikel ini diambil dari Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Universitas Udayana karya Ida Bagus Dhany Satwika.