Alat Peraga Sistem Hidrolik

Alat Peraga Sistem Hidrolik - Dewasa ini sistem hidrolik banyak digunakan dalam berbagai macam industri. Penerapan starionary hidraulik biasanya banyak digunakan pada proses produksi dan perakitan mesin, proses pemindahan, proses pengangkatan dan sistem  konveyor, proses press, mesin  injecting molding, dan lain-lain. Sedangkan untuk mobile hidraulic bisanya digunakan untuk mesin-mesin konstruksi, mesin pertanian, dan kendaraan muatan curah (dump truck).


Tugas akhir ini dimaksudkan untuk memberikan suatu fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mempraktekkan dan mengamati secara langsung dan mengetahui tentang perawatan komponen sistem  hidrolik serta pengetahuan langsung sistem hidrolik yang ada pada mata kuliah Pneumatik dan Hidrolika.

Dan hampir semua alat-alat dan sistem permesinan memiliki masa pakai optimum. Maka dari itu diperlukan perawatan atau maintenance untuk menjaga suatu sistem selalu memiliki kinerja optimum.

Dalam sistem hidrolik, harus dapat diketahui bagaimana mekanisme kerja suatu rangkaian alat. Pada tugas akhir ini penulis diberikan kepercayaan oleh dosen pembimbing untuk membuat alat peraga serta modul perawatan sistem hidrolik yang kami beri nama : Pembuatan Alat Peraga Sistem Hidrolik.

Sistem hidrolik adalah sistem penerusan daya dengan menggunakan oli. Minyak mineral adalah jenis fluida yang sering dipakai. Prinsip dasar dari sistem hidrolik adalah memanfaatkan sifat bahwa zat cair tidak mempunyai bentuk yang tetap, namun menyesuaikan dengan yang ditempatinya. Zat cair bersifat inkompresibel. Karena itu tekanan yang diterima diteruskan ke segala arah secara merata.

Sistem hidrolik biasanya diaplikasikan untuk memperoleh gaya yang lebih besar dari gaya awal yang dikeluarkan. Fluida penghantar ini dinaikkan tekanannya oleh pompa yang kemudian diteruskan kesilinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur maupun naik dan turun sesuai dengan pemasangan silinder yaitu arah horizontal maupun vertikal.

Sekian artikel singkat kali ini. Selanjutnya, silakan disimak Kelebihan dan Kekurangan Sistem Hidrolik.

Sumber: Jarot Aryoseto (Jurusan Teknik Mesin Produksi Fakultas Teknik UNS)