Sistem
Diagnosa Kerusakan Pada Mobil - Sistem Pakar merupakan
salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan
pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan
tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai
masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja
mesin mobil.
Pada umumnya, setiap mobil dilengkapi
dengan buku petunjuk (manual book). Selain berisi spesifikasi
teknis, manual book juga berisi petunjuk perawatan. Ironisnya, banyak pemilik
mobil yang tidak mau membaca atau mempelajarinya, padahal itu merupakan bekal
paling sederhana untuk merawat mobil. Selain itu, banyak pemilik mobil yang
tidak mengetahui kondisi mobilnya, sehingga tidak segera melakukan perbaikan, saat
mobilnya menunjukkan tanda-tanda kerusakan.
Biasanya pemilik mobil baru sadar
jika sudah terjadi kerusakan yang cukup parah, seperti tidak bisa berjalan sama
sekali alias mogok. Agar kondisi mobil selalu prima dan komponen-komponennya tahan
lama, pemilik perlu melakukan perawatan
yang intensif seperti mengganti kerusakan oli mesin secara berkala, mengisi bahan
bakar di SPBU terpercaya, dan mengecek seluruh mobil secara rutin. Penggunaan
mobil yang normal dan wajar akan memperpanjang usia pakai komponen-komponennya. Namun pemilik juga
harus mengetahui bahwa pabrik mobil sudah mempertimbangkan usia pakai komponen,
sehingga suatu saat akan rusak dan harus diperbaiki atau diganti dengan komponen
yang baru.
Pemilik perlu mencermati asal
usul kerusakan yang terjadi pada mobil dengan mendeteksi gejalanya. Hal ini
dilakukan agar perawatan dan perbaikan yang dilakukan tepat sasaran. Perawatan
dan perbaikan bisa dilakukan sendiri atau di bengkel. Bengkel umum biasanya
memiliki mekanik yang terlatih, dengan peralatan yang cukup memadai. Ada juga
yang dikelola oleh perusahaan, seperti bengkel-bengkel resmi pabriknya seperti
Toyota.
Kerusakan pada mobil bisa dideteksi
melalui berbagai tanda, seperti : suara mesin kasar, adanya tetesan oli atau cairan pendingin di tempat
parkir, boros bensin dan oli, mesin kurang bertenaga, cairan pendingin berwarna
putih karena tercampur dengan oli mesin, mengeluarkan asap putih atau hitam
yang mengempul, kap mesin menganga, uap air menyembur keluar ke radiator, dan
laju mobil tersendat-sendat.
Kerusakan pada
mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan.
Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi
sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar
membutuhkan perawatan berkala. Dengan cara mendeteksi kerusakan apa yang
terjadi pada mobil. Misalnya, jika mobil bersuara berisik dan tidak mempunyai
gambaran mengapa hal tersebut terjadi, hal inilah yang mendorong pembangunan
sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil dan memberikan
informasi bengkel yang terdekat dan tepat dalam mengatasi kerusakan pada mobil
pengguna yang tidak tahu arus melakukan apa pada saat sudah mengetahui
kerusakan yang terjadi pada mobilnya.
Penyampaian informasi dilakukan menggunakan jaringan
internet (WEB) dengan meminta request dari pengguna. Request tersebut akan
diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke pengguna.
Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik
pengguna dan sistem.
Sekian artikel kali ini. Untuk
selanjutnya bisa disimak artikel Prospek
Usaha Cuci Mobil dan Motor.
Artikel ini diambil dari Jurnal
Elektronik Ilmu Komputer Universitas Udayana karya Ida Bagus Dhany Satwika.